Rekayasa Perangkat Lunak tentu bukan hal yang asing digunakan di dunia digital seperti saat ini. Rekayasa perangkat lunak sangat berhubungan dengan adanya perangkat lunak.

Microsoft word, Google music, Whatsapp, Facebook, dan Instagram merupakan beberapa contoh perangkat lunak yang sering digunakan. Anda mungkin termasuk salah satu pengguna dari perangkat lunak ini.

Namun, pernahkah anda bertanya seperti berikut ini

  • Bagaimana proses penciptaan perangkat lunak yang sering anda gunakan?
  • Bagaimana Instagram dapat selalu mengetahui bagian mana yang harus diperbaharui dari aplikasi yang sudah mereka upload?
  • Berapa biaya yang dikeluarkan Mark Zuckerberg dalam merawat Facebook hingga saat ini?
  • Bagaimana Youtube bisa menghasilkan keuntungan hingga triliunan rupiah?

Jika anda ingin mengetahui jawaban dari pertanyaan ini, maka anda harus mempelajari tentang RPL (Rekayasa Perangkat Lunak). Semua jawaban dari pertanyaan anda berhubungan dengan bidang ilmu yang satu ini.

Jika anda bermimpin untuk bisa menciptakan suatu perangkat lunak dan bingung langkah apa yang harus anda lakukan pertama kali, maka jawabannya akan muncul setelah anda mempelajari bidang ilmu RPL.

Oleh karena itu, berikut ini penjelasan lengkap mengenai RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) yang harus anda pelajari untuk menjadi ahli di bidang perangkat lunak.

Apa itu RPL (Rekayasa Perangkat Lunak)?

Rekayasa perangkat lunak
Rekayasa perangkat lunak

Sebelum mempelajari tentang RPL atau Rekayasa Perangkat Lunak, ada baiknya anda mengetahui pengertian perangkat lunak terlebih dahulu.

Perangkat lunak adalah data yang sudah diformat dan disimpan secara digital di dalam suatu perangkat digital (komputer, smartphone, atau perangkat digital lainnya) yang memiliki informasi yang bisa dibaca serta bisa ditulis dengan menggunakan perangkat digital tempatnya berada.

Perangkat lunak bisa juga diistilahkan sebagai sistem komputer yang tidak berwujud. Suatu komputer tanpa perangkat lunak hanyalah perangkat keras yang tidak bisa digunakan. Jadi, komputer anda bisa berjalan dan berfungsi karena keberadaan perangkat lunak di dalamnya.

Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) di dalam bahasa Inggris disebut dengan Software Engineering. RPL adalah salah satu bidang profesi dan ilmu di dalam dunia teknologi informasi. RPL berhubungan dengan cara mengembangkan perangkat lunak.

Ketika mempelajari RPL, anda akan mempelajari cara pembuatan, pemeliharaan, seta manajemen pengembangan suatu perangkat lunak. Anda juga akan belajar tentang hal-hal yang mempengaruhi kualitas suatu perangkat lunak yang akan diciptakan.

Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) juga dapat didefinisikan sebagai rangkaian proses penerapan pendekatan engineering yang sistematis, disiplin, dan terkuantifikasi terhadap perangkat lunak.

Pendekatan ini terdiri dari proses pengembangan, penggunaan, dan pemeliharaan suatu perangkat lunak yang dilengkapi dengan studi mendalam atas pendekatan-pendekatan ini.

Kriteria dan Pentingnya RPL (Rekayasa Perangkat Lunak)

Dalam melakukan rekayasa perangkat lunak, anda membutuhkan beberapa kriteria yang terdiri atas:

  1. Perangkat lunak harus dapat terus dirawat dan dipelihara (maintainability).
  2. Perangkat lunak yang dikembangkan harus dapat mengikuti perkembangan teknologi terbaru (dependability).
  3. Perangkat lunak yang direkayasa harus dapat mengikuti keinginan pengguna (robust).
  4. Perangkat lunak harus direkayasa agar efektif dan efisien dalam menggunakan energi dalam penggunaannya.
  5. Perangkat lunak yang direkayasa harus dapat memenuhi kebutuhan sesuai keinginan awal pengembangan perangkat lunak (usability).

Di dalam ilmu teknologi informasi, proses rekayasa perangkat lunak ini sangat penting. RPL penting untuk dilakukan karena:

  1. Kebutuhan untuk meminimalkan biaya produksi suatu perangkat lunak.
  2. Kebutuhan untuk menghasilkan perangkat lunak yang memiliki kinerja yang tinggi dan handal.
  3. Kebutuhan untuk mengerjakan proyek pembuatan dan pengembangan perangkat lunak yang terstruktur dan tepat waktu.
  4. Kebutuhan untuk menghasilkan perangkat lunak yang dapat beoperasi pada berbagai platform.
  5. Kebutuhan untuk menghasilkan perangkat lunak yang dapat mengikuti perkembangan kemajuan teknologi informasi.
  6. Kebutuhan untuk meminimalkan biaya perawatan suatu perangkat lunak.

Materi RPL (Rekayasa Perangkat Lunak)

Pemaparan materi Rekayasa Perangkat Lunak
Pemaparan materi RPL

Ketika mempelajari RPL (Rekayasa Perangkat Lunak), anda akan dihadapkan pada berbagai macam materi pembelajaran. Materi-materi rekayasa perangkat lunak yang akan anda pelajari adalah:

  1. Software quality. Materi ini akan membahas mengenai hal-hal yang dapat menentukan kualitas dari perangkat lunak yang akan dikembangkan.
  2. Requirement engineering. Materi ini berhubungan dengan teknik kebutuhan perangkat lunak. Anda akan mempelajari bagaimana cara menentukan hal-hal yang dibutuhkan oleh perangkat lunak yang akan dikembangkan.
  3. Project management. Materi ini akan membahas mengenai manajemen suatu proyek yang akan mengembangkan perangkat lunak. Anda akan mendapatkan materi seputar stakeholder yang harus ada di dalam proyek pengembangan perangkat lunak dan tugasnya masing-masing. Anda juga akan belajar menyusun milestone proyek dan timeline dari suatu proyek.
  4. Software testing. Materi ini akan membahas metode-metode yang dapat dilakukan untuk pengujian suatu perangkat lunak. Anda juga akan belajar alasan pentingnya dilakukan pengujian terhadap perangkat lunak.
  5. Software quality assurance. Hal-hal yang akan menjadi penjamin mutu suatu perangkat lunak akan dibahas di materi ini.
  6. Distributed software engineering. Materi ini akan membahas tentang pengembangan perangkat lunak terdistribusi. Anda akan membahas jenis-jenis perangkat lunak terdistibusi dan pengembangannya.
  7. Software maintenance. Materi ini berhubungan dengan alasan dilakukan perawatan pada perangkat lunak. Materi ini juga berisikan hal-hal yang harus anda perhatikan ketika merawat suatu perangkat lunak.
  8. Software design and modeling. Di materi ini anda akan belajar tentang model-model perancangan yang bisa digunakan dalam merancang perangkat lunak. Anda juga akan belajar diagram-diagram untuk memodelkan perangkat lunak.

Selain berbagai materi di atas, di dalam ilmu Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), anda juga akan belajar tentang Software architectures, Software verification, Software configuration management, Formal methods, dan berbagai materi lainnya.

Ruang Lingkup Materi RPL (Rekayasa Perangkat Lunak)

Secara umum, anda dapat merangkum materi rekayasa perangkat lunak ke dalam beberapa ruang lingkup ilmu. Berikut ini ruang lingkup RPL secara umum:

  • Software requirement yang berhubungan dengan spesifikasi kebutuhan perangkat lunak yang akan dikembangkan dan persyaratan dalam pengembangan tersebut.
  • Software design yang mencakup keseluruhan proses perancangan arsitektur, komponen, interface (antar muka), database, dan komponen lainnya yang harus ada di dalam perangkat lunak.
  • Software cinstruction yang berhubungan dengan penerapan perancangan yang sudah dilakukan hingga menjadi suatu perangkat lunak sesungguhnya. Materi ini mencakup proses peng-codingan perangkat lunak, pemasukan algoritma ke dalam perangkat lunak, serta pengujian sub-sub perangkat lunak.
  • Software testing yang meliputi pengujian keseluruhan perangkat lunak yang sudah jadi. Setelah melalui proses construction dan terbentuk perangkat lunak yang utuh, maka perangkat lunak akan melalui tahapan pengujian dengan berbagai metode pengujian yang sudah ditetapkan. Pengujian ini juga termasuk proses implementasi perangkat lunak kepada user yang dituju.
  • Software maintanance yang mencakup upaya-upaya yang dilakukan untuk merawat perangkat lunak yang sudah digunakan oleh user.
  • Software configuration management yang berhubungan dengan proses-proses perubahan konfigurasi perangkat lunak yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan tertentu. Hal ini dilakukan setelah perangkat lunak diimplementasikan, namun ternyata ada fitur baru yang ingin ditambahkan mengikuti perkembangan dan kebutuhan pengguna.

Ketika anda mempelajari RPL (Rekayasa Perangkat Lunak), anda juga akan dihadapkan pada kemampuan dalam menguasai bidang ilmu lainnya. RPL memang sangat terikat dengan bidang ilmu di luar IT.

Anda akan berhubungan dengan bidang ilmu akutansi, finansial, pemasaran, ekonomi, analisis bisnis, manajemen sumber daya manusia, dan analisis kebijakan. Anda juga membutuhkan ilmu di bidang matematika, seperti kalkulus, peluang, dan statistik yang dibutuhkan sepanjang proses pengembangan perangkat lunak.

Proses rekayasa perangkat lunak akan membahas semua aspek produksi suatu perangkat lunak mulai dari tahap awal. Semua aspek produksi inilah yang membuat anda membutuhkan ilmu-ilmu dari berbagai bidang di luar bidang IT.

Jurusan SMK dan Kuliah RPL (Rekayasa Perangkat Lunak)

Mahasiswa jurusan rekyasa perangkat lunak
Mahasiswa jurusan rekyasa perangkat lunak

Kuliah Jurusan RPL

Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) di perguruan tinggi merupakan salah satu jurusan, peminatan, dan mata kuliah untuk jurusan di bidang komputer. Jika anda ingin mempelajari RPL secara khusus, anda bisa mengambil jurusan RPL di beberapa kampus di Indonesia.

Universitas Prasetya Mulya, IT Telkom Purwokerto, dan IT Telkom Surabaya merupakan segelintir kampus di Indonesia yang membuka jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering).

Jika anda tertarik kuliah di luar negeri, maka ada lebih banyak kampus yang membuka jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). Beberapa contohnya adalah University of Glouchestershire dan University of Buckingham di Inggris yang membuka jurusan RPL untuk mahasiswa dari seluruh dunia.

Selain kuliah di jurusan RPL (Software Engineering) anda juga akan menerima materi seputar RPL ketika masuk ke jurusan kuliah yang berkaitan dengan komputer.

Teknik Informatika dan Sistem Informasi merupakan dua jurusan kuliah yang juga mengajarkan mata kuliah RPL sepanjang proses perkuliahan berlangsung.

SMK Jurusan RPL

Sebaiknya, sebelum kuliah di jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), anda juga bisa terlebih dahulu sekolah di SMK yang memiliki jurusan perangkat lunak.

Selain TKJ, RPL juga menjadi jurusan yang diminati di banyak SMK di Indonesia. RPL SMK bisa menjadi langkah awal bagi anda untuk mengetahui dasar-dasar pelajaran seputar Rekayasa Perangkat Lunak.

Beberapa SMK terbaik di Indonesia yang menyediakan jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) adalah SMK 10 Jakarta Timur, SMK Telkom Sandhy Putra Jakarta Barat, dan SMK Negeri 1 Cimahi.

RPL SMK mungkin akan sedikit berbeda dengan jurusan RPL di universitas. Akan tetapi, sebagian besar materi akan mengajarkan hal yang sama.

Ketika anda tamat dari jurusan RPL, baik dari RPL SMK atau RPL di universitas, ada banyak bidang pekerjaan yang dapat anda lakukan. Beberapa bidang pekerjaan yang sesuai dengan lulusan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) adalah:

Database Administrator

Ketika anda bekerja sebagai database administrator, anda perlu menganalisa database yang ada di suatu perusahaan. Anda akan diminta mengubah data mentah menjadi ke format database sehingga lebih mudah dipelajari. Data-data perusahaan, seperti persediaan, penagihan, gaji karyawan, dan pendapatan akan dimanajemen oleh database administrator.

Website Developer

Lulusan Rekayasa Perangkat Lunak sebagai website developer
Website developer

Anda yang memiliki ilmu di bidang pengembangan perangkat lunak juga dapat menjadi website developer. Anda bisa mengembangkan website yang efektif dan efisien untuk suatu perusahaan. Anda juga bisa menganalisa kebutuhan suatu website agar dapat menjadi penunjang dalam kebutuhan bisnis.

Software Developer

Software developer
Software developer

Sebagai seorang software developer, anda bisa mengembangkan aplikasi yang user-friendly dan efisien untuk menunjang kinerja karyawan di suatu perusahaan. Anda juga bisa mengajarkan kepada user cara-cara menggunakan suatu perangkat lunak di dalam instansi tempat anda bekerja. Anda juga dapat memimpin suatu proyek pengembangan perangkat lunak dengan beberapa stakeholder.

Business Intelligence

Business Intelligence
Business Intelligence

Business Intelligence merupakan pekerjaan yang menggabungkan Rekayasa Perangkat Lunak dan Data Science. Anda yang bekerja di bidang ini akan mengembangkan perangkat lunak berdasarkan data-data yang dimiliki. Data-data yang dimiliki merupakan informasi untuk membuat perangkat lunak menjadi lebih baik dalam mendukung kebutuhan bisnis dari perusahaan anda.

Network Administrator

Network administrator

Jika anda memiliki ilmu di bidang rekayasa perangkat lunak, anda juga dapat bekerja di bidang jaringan. Anda dapat merancang jaringan komputer agar efektif dan efisien bagi suatu instansi. Anda juga dapat merancang biaya dan jenis jaringan yang sebaiknya diterapkan.

Kesimpulan

Sebagai salah satu cabang ilmu di bidang teknologi informasi, pengetahuan di bidang RPL sangat diperlukan. Bagi anda yang bermimpi untuk berkarir di bidang pengembangan perangkat lunak, RPL dapat menjadi salah satu jurusan yang tepat.

Dengan masuk ke jurusan RPL, anda akan mempelajari semua seluk-beluk pengembangan perangkat lunak. Anda dapat mengembangkan perangkat lunak dari yang paling sederhana hingga yang memiliki susunan sangat kompleks.

Akan tetapi, pastikan anda memanfaatkan ilmu yang anda miliki dengan sebaik mungkin. Jangan menggunakan ilmu RPL untuk mengembangkan perangkat lunak yang bisa membahayakan kehidupan orang banyak.

Bukankah suatu ilmu berkembang untuk memudahkan kehidupan manusia?

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here