Proposal 17 Agustus menjadi bagian yang tak terpisahkan dari perayaan hari kemerdekaan Indonesia. Anda mungkin tidak terlalu menyadari hal ini. Namun, keberadaan proposal menjadi salah satu penentu suksesnya setiap perayaan hari kemerdekaan Indonesia setiap tahun.

17 Agustus memang selalu diperingati sebagai hari yang penting bagi seluruh rakyat Indonesia. Ada banyak kegiatan yang dilakukan untuk memperingati hari bersejarah ini.

Anda umumnya akan melihat berbagai kegiatan seperti upacara, perlombaan, hingga konser musik sebagai bentuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia.

Semua kegiatan yang dilaksanakan di 17 Agustus tentu sudah dirancang dari jauh-jauh hari. Salah satu unsur penting dalam perancangan kegiatan 17 Agustus adalah proposal kegiatan.

Bagi anda yang juga ingin melaksanakan kegiatan 17 Agustus, anda tentu membutuhkan contoh proposal 17 Agustus yang baik. Oleh karena itu, berikut ini beberapa hal yang harus anda ketahui dalam menyusun proposal 17 Agustus.

Pengertian Proposal

Menulis proposal 17 Agustus
Menulis proposal 17 Agustus

Proposal dapat diartikan sebagai dokumen yang berisikan rancangan suatu kegiatan yang akan dilangsungkan. Dokumen ini ditulis secara sistematis dan mendetail mengenai acara atau kegiatan yang diusulkan.

Menurut KBBI, proposal berisikan rancangan sesuatu yang akan dilaksanakan. Proposal umumnya diajukan untuk mendapatkan persetujuan guna pelaksanaan kegiatan.

Proposal juga dapat diajukan untuk mendapatkan dana sponsor pelaksanaan kegiatan tersebut. Selain itu, melalui proposal anda dapat menjalin kerjasama dengan pihak lain dalam penyelenggaraan acara.

Proposal dapat diajukan bagi anda yang ingin melaksanakan seminar, perlombaan, ataupun kegiatan lainnya. Dengan membaca proposal yang anda ajukan, semua orang akan mengerti detail acara yang akan dilakukan.

Hal ini dapat menjadi pertimbangan apakah si pembaca proposal akan memberikan persetujuan, menjalin kerjasama, atau memberikan sumbangan dana.

Selain untuk pelaksanaan kegiatan, anda juga akan menemukan proposal yang diajukan untuk tujuan lain. Ada pihak yang mengajukan proposal untuk tujuan penelitian, bisnis, dan juga pelaksanaan suatu proyek pembangunan.

Bentuk proposal yang diajukan bisa sangat formal, semi formal, atau non formal. Hal ini disesuaikan dengan kebutuhan dan tema proposal yang diajukan.

Susunan Proposal 17 Agustus

Kegiatan di proposal 17 agustus
Contoh kegiatan 17 Agustus

Ketika anda akan menyusun proposal untuk kegiatan 17 Agustus, maka anda harus memperhatikan susunanya sebagai berikut:

Judul dan Tema kegiatan

Pastikan anda tidak melupakan judul kegiatan ketika menulis proposal 17 Agustus. Anda dapat membuat judul kegiatan atau acara tersebut sesuai dengan kreativitas dan inovasi yang anda miliki.

Selain judul, anda juga harus menentukan tema kegiatan 17 Agustus yang akan anda laksanakan. Judul dan tema tentu harus berhubungan satu sama lain.

Latar belakang kegiatan

Di bagian latar belakang kegiatan, tuliskan hal-hal yang menjadi alasan anda dan tim melaksanakan kegiatan 17 Agustus tersebut. Misalnya, anda akan melaksanakan lomba panjat pinang tingkat RT.

Lomba ini dilatarbelakangi oleh pemuda di RT tersebut yang sudah mulai melupakan kerja sama dan sibuk dengan urusan masing-masing. Anda berharap adanya lomba ini dapat menjadi wadah bagi para pemuda untuk lebih kompak dan bersosialisasi satu sama lain.

Anda juga dapat membuat latar belakang lainnya yang disesuaikan dengan kegiatan yang anda laksanakan. Latar belakang anda melakukan atau membuat suatu kegiatan menjadi penting bagi orang yang membaca proposal. Dari latar belakang ini bisa dilihat apakah acara atau kegiatan yang anda susun penting untuk diselenggarakan.

Tujuan kegiatan

Setelah menemukan latar belakang, anda harus menentukan tujuan dari acara atau kegiatan yang akan anda laksanakan. Tujuan ini merupakan hal yang ingin anda dan tim capai ketika kegiatan tersebut selesai dilakukan. Misalnya, anda ingin melaksanakan kegiatan lomba baca puisi kemerdekaan untuk anak-anak di sekolah.

Anda bisa membuat tujuan lomba ini, yaitu untuk meningkatkan rasa cinta anak-anak terhadap sastra Indonesia. Selain itu, lomba puisi ini juga ditujukan agar anak-anak bisa mengembangkan rasa cinta tanah air.

Jenis-jenis kegiatan

Jenis-jenis kegiatan yang anda laksanakan bisa satu kegiatan saja atau beberapa kegiatan. Anda dapat menyusun satu proposal untuk beberapa kegiatan jika kegiatan ini dilaksanakan dalam waktu bersamaan dan tempat yang sama.

Anda tidak disarankan untuk membuat proposal per masing-masing kegiatan jika kegiatan tersebut sama-sama dilaksanakan untuk memperingati 17 Agustus.

Misalnya, anda dapat menggabungkan kegiatan lomba baca puisi, makan kerupuk, panjat pinang, lomba futsal, dan lomba masak dalam satu proposal. Namun, anda juga bisa membuat proposal untuk satu kegiatan saja jika memang hanya ada satu kegiatan yang akan dilaksanakan.

Tempat dan waktu pelaksanaan kegiatan

Pastikan anda untuk menuliskan waktu dan tempat kegiatan yang akan dilaksanakan. Di bagian ini, anda dapat menuliskan tempat secara umum dan waktu secara ringkas. Untuk rinciannya anda bisa memasukannya di bagian lampiran.

Contoh penulisan waktu dan tempat kegiatan adalah:
Waktu : Senin, 12 Agustus 2019 s/d Minggu, 18 Agustus 2019
Tempat : Lapangan Voli RT 07

Rancangan dana kegiatan

Rancangan dana kegiatan juga hal yang tidak boleh anda lewatkan ketika menulis proposal. Anda dapat menuliskan rancangan dana secara singkat. Cukup tuliskan total pemasukan, total pengeluaran, dan kekurangan dana yang dibutuhkan. Rincian lebih lanjut tentang rancangan dana sebaiknya anda lampirkan di bagian lampiran.

Panitia yang terlibat

Susunan panitia juga harus anda masukan ke proposal kegiatan 17 Agustus yang anda ajukan. Untuk bagian panitia, usahakan tulis semua nama panitia yang sudah disepakati. Panitia ini bisa terdiri dari ketua panitia, wakil, bendahara, sekretaris, ketua bidang lomba, dan anggotanya.

Penutup dan tanda tangan

Di bagian penutup dan tanda tangan, tuliskan kalimat penutup dari proposal anda. Di bagian kalimat penutup anda bisa mengucapkan terima kasih kepada penerima proposal yang sudah bersedia mempertimbangkan proposal ini.

Setelah itu, di bagian bawah kalimat penutup, tulislah nama dan bubuhkan tanda tangan di atasnya. Pihak-pihak yang menandatangani proposal ini adalah penanggung jawab kegiatan, ketua panitia, dan sekretaris panitia.

Penanggung jawab bisa berasal dari ketua RT, RW, kepala sekolah atau wakil kepala sekolah bidang kesiswaan. Hal ini bergantung pada dimana anda melaksanakan kegiatan. Anda dapat mendiskusikan bagian ini dengan pihak-pihak terkait mengenai siapa saja yang harus memberikan tanda tangan di proposal.

Lampiran

Bagian lampiran ini boleh ada dan juga boleh tidak ada. Keberadaannya bergantung pada kebutuhan anda dalam menulis proposal. Jika proposal yang anda tulis terlalu panjang untuk dijelaskan di bagian utama, maka tulislah di bagian lampiran.

Hal-hal yang umumnya dilampirkan di bagian lampiran adalah detail kegiatan yang berisikan tempat dan waktu, rancangan dana kegiatan secara rinci, dan jenis-jenis sponsor yang bisa berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Contoh Proposal 17 Agustus

Bagi anda yang membutuhkan proposal 17 Agustus, berikut ini ada beberapa contoh proposal 17  Agustus yang simpel. Anda bisa menggunakan contoh proposal ini sebagai proposal 17 Agustus tingkat RT, RW, kecamatan, atau sebagai proposal 17 Agustus di sekolah.

Contoh Proposal 17 Agustus di Sekolah

Perayaan 17 Agustus di sekolah
Perayaan 17 Agustus di sekolah

Judul dan Tema Kegiatan

Judul : Pawai Kemerdekaan untuk Memperingati HUT Kemerdekaan RI Ke-74 di SMAN 1 Jakarta

Tema : Tanamkan rasa nasionalisme di dalam diri siswa-siswi SMAN 1 Jakarta melalui kreativitas dan sportifitas

Latar Belakang Kegiatan

17 Agustus merupakan hari kemerdekaan bagi Republik Indonesia. Setelah bertahun-tahun melawan penjajahan di Indonesia, pada 17 Agustus 1945 bangsa Indonesia berhasil memproklamasikan kemerdekaan. Ini merupakan suatu pencapaian yang luar biasa yang dilakukan oleh para pahlawan.

Demi mengenang dan menghargai jasa-jasa pahlawan di Indonesia, ada banyak kegiatan yang dilaksanakan pada 17 Agustus. Kegiatan ini sebagai bentuk suka-cita generasi saat ini dalam mengisi kemerdekaan Indonesia.

Selain dengan melaksanakan upacara bendera, kegiatan lainnya bisa dilaksanakan untuk memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia. Kegiatan yang bisa dilaksanakan, seperti pawai kemerdekaan, lomba-lomba, dan gotong royong demi meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan.

Oleh karena itu, kami pengurus OSIS SMAN 1 Jakarta hendak mengadakan Pawai Kemerdekaan untuk Memperingati HUT Kemerdekaan RI Ke-74 di SMAN 1 Jakarta.

Tujuan Kegiatan

  1. Menumbuhkan rasa nasionalisme di dalam diri siswa-siswi SMAN 1 Jakarta
  2. Meningkatkan kreativitas dan sportifitas siswa-siswi SMAN 1 Jakarta
  3. Mengenang jasa pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia)

Jenis-Jenis Kegiatan

Kegiatan yang akan dilaksanakan adalah Pawai Kemerdekaan yang akan diikuti oleh seluruh siswa-siswi dan staff SMAN 1 Jakarta.

Tempat dan Waktu Pelaksanaan Kegiatan

Tempat: Jalanan di sekitar SMAN 1 Jakarta
Waktu: 17 Agustus 2019

Rancangan Dana Kegiatan

Rencana pemasukan
Kas kelas : Rp 2.000.000
Kas OSIS: Rp 500.000
Total : Rp 2.500.000

Rencana pengeluaran
Peralatan pawai : Rp 5.000.000
Konsumsi: Rp 500.000
Transportasi : Rp 100.000
Keamanan dan Kebersihan : Rp 300.000
Total: RP 5.900.000

Kekurangan dana : Rp 3.400.000

Panitia Kegiatan

Ketua: Pervaiz Haikal Narayana
Wakil ketua: Rafan Alman Winasis
Sekretaris: Shiva Nadhifah Nawal
Bendahara: Zharifa Sakinah Mecca
Panitia lainnya:

  1. Rasya Ashaz Gohan
  2. Rafka Shaquile Zhafran
  3. Syauqi Sinan Hafizhan
  4. Yusuf Rafeyfa Mahmud
  5. Thayyar Asla’ Syabani
  6. Shazfa Vanda Raima
  7. Nazia Wafa Abqura
  8. Kahisha Arta Saffiya
  9. Lana Shezan Azkayra
  10. Liyana Nadra Amberlee

Penutup

Demikianlah proposal ini kami sampaikan. Bantuan dari semua pihak sangat kami harapkan demi kesuksesan acara ini. Terima kasih atas perhatian dan pertimbangan yang sudah dibuat oleh pihak-pihak yang berkepentingan.

Jakarta, Januari 2019

Ketua Panitia Sekretaris Panitia

Pervaiz Haikal Narayana Shiva Nadhifah Nawal

Mengetahui,
Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan

Suryadi, S.Pd., M.Pd

Contoh Proposal 17 Agustus Karang Taruna

Kegiatan yang butuh proposal 17 Agustus di karang taruna
Kegiatan 17 Agustus di karang taruna

Judul dan Tema Kegiatan

Judul: Lomba Memperingati Dirgahayu Republik Indonesia Ke-74 Karang Taruna Pemuda Indonesia

Tema: Dengan Semangat Kemerdekaan, Mari Kita Rekatkan Kembali Persatuan dan Kesatuan di Indonesia

Latar Belakang Kegiatan

Bangsa Indonesia mengalami penjajahan yang lama dari bangsa luar. Banyak perjuangan yang sudah dilakukan untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Perjuangan ini akhirnya menghantarkan Indonesia menjemput kemerdekaan pada 17 Agustus 1945. Seluruh dunia sudah mengakui kemerdekaan Indonesia sebagai negara kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.

Sebagai hari bersejarah dalam perjalanan hidup bangsa Indonesia, 17 Agustus selalu diperingati sebagai hari penting. Berbagai kegiatan dilaksanakan untuk menghargai dan mengenang jasa para pahlawan serta pejuang yang telah berkorban untuk memerdekakan Indonesia. Nyawa, raga, dan harta sudah mereka korbankan demi kebebasan dari penjajah yang ingin menguasai Indonesia.

Oleh karena itu, sudah menjadi kewajiban dan hak setiap warga negara Republik Indonesia untuk mengadakan berbagai kegiatan di tanggal 17 Agustus. Hal ini dinilai sebagai salah satu partisipasi dalam memeriahkan perayaan peringatan hari kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Tujuan Kegiatan

  1. Memperingati hari ulang tahun Negara Kesatuan Republik Indonesia ke-74 pada tahun 2019
  2. Memperkuat tali persatuan dan kesatuan antar warga negara Indonesia, terutama anggota karang taruna Pemuda Indonesia dan warga kelurahan Dusun Besar.

Jenis-Jenis Kegiatan

Untuk memperingati HUT kemerdekaan RI yang ke-74, karang taruna Pemuda Indonesia akan melaksanakan berbagai kegiatan, seperti:

  1. Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-74
  2. Lomba futsal antar RT
  3. Lomba makan kerupuk
  4. Lomba panjat pinang
  5. Lomba baca puisi

Tempat dan Waktu Pelaksanaan Kegiatan

Tempat: Lapangan sepakbola kelurahan Dusun Besar
Waktu: Senin, 12 Agustus 2019 s/s Minggu, 18 Agustus 2019

Rancangan Dana Kegiatan

Rencana penerimaan
Kas RT dan RW : Rp 2.000.000
Kas karang taruna: Rp 500.000
Total : Rp 2.500.000

Rencana pengeluaran
Hadiah : Rp 4.000.000
Peralatan lomba: Rp 750.000
Keamanan: Rp 750.000
Konsumsi: Rp 750.000
Transportasi: Rp 200.000
Dokumentasi: Rp 200.000
Total: 6.650.000

Kekurangan dana : Rp 4.150.000

Panitia Kegiatan

Ketua: Adzra Nadhifa Syafa
Wakil ketua: Adzriel Rafiq Syahputra
Sekretaris: Aira Jenna Mehrunisa
Bendahara: Hasna Azkadina Khansa
Panitia lomba:

  1. Aqmar Nadhif Ramdan
  2. Almahdi Sharique Zhafran
  3. Naufal Eshaal Ghaashan
  4. Khairan Delvin Arsalan
  5. Luthfi Rafisqy Jaya
  6. Arisha Kirana Nafisha
  7. Qiana Nafeeza Salama
  8. Putri Melani Alfiana
  9. Nabila Aira Almashyra
  10. Naima Zita Alishba

Penutup

Demikianlah proposal kegiatan ini kami ajukan. Besar harapan kami Bapak/Ibu dapat menggunakan proposal ini sebagaimana seharusnya. Atas perhatian dan kerjasama dari Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Dusun Besar, Januari 2019

Ketua Panitia, Sekretaris Panitia,

Adzra Nadhifa Syafa Aira Jenna Mehrunisa

Mengetahui,
Pembina Karang Taruna Pemuda Indonesia

Herman, S.Ikom.

Baca juga:

Kesimpulan

Contoh proposal kegiatan 17 Agustus yang telah dijabarkan di atas dapat anda jadikan referensi untuk melaksanakan kegiatan 17 Agustus di daerah atau instansi anda. Pastikan untuk mendiskusikan kegiatan dengan semua pihak yang terlibat sebelum mengajukan proposal kegiatan.

Meskipun bisa mengalami perubahan, namun akan lebih baik kegiatan sudah final saat mengajukan proposal. Pastikan juga kegiatan yang anda akan laksanakan benar-benar menggambarkan kegiatan di hari kemerdekaan Indonesia. Mari memperkuat rasa cinta tanah air melalui kegiatan positif di 17 Agustus.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here