Di Indonesia saat ini, ada banyak SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) yang menyediakan jurusan TKJ. Jurusan TKJ (Teknik Komputer Jaringan) juga menjadi salah satu jurusan paling diunggulkan dan diminati yang bisa kamu pilih di SMK. Hal ini yang membuat persaingan untuk masuk ke jurusan ini cukup sulit.

Salah satu alasan memilih jurusan TKJ tentu karena kelebihan jurusan Teknik Komputer Jaringan yang tidak dimiliki jurusan lainnya. Namun, selain berbagai kelebihan yang ditawarkan oleh jurusan ini, tentu ada juga kekurangan yang harus kamu pertimbangkan.

Lantas, apa saja kelebihan dan kekurangan jurusan TKJ yang ada di SMK di Indonesia? Berikut ini kelebihan dan kekurangan dari jurusan Teknik Komputer Jaringan yang harus kamu ketahui.

Kelebihan Jurusan TKJ

Kelebihan jurusan TKJ
Kelebihan jurusan TKJ

Ketika kamu memutuskan untuk mengambil jurusan TKJ di SMK ada beberapa kelebihan yang akan kamu dapatkan. Beberapa kelebihan jurusan TKJ adalah:

Pembahasan yang Lengkap

Kelebihan jurusan Teknik Komputer Jaringan yang pertama adalah ilmu yang diberikan sepanjang kamu menempuh pendidikan akan sangat lengkap. Hampir semua dasar ilmu komputer akan diajarkan di jurusan TKJ.

Pada semester pertama atau kelas X kamu akan mempelajari tentang software (perangkat lunak) dan hardware (perangkat keras) secara umum. Kamu tidak hanya belajar menggunakannya, tapi juga diajarkan bagian dan fungsi dari masing-masing perangkat tersebut.

Kamu juga akan menerima materi pembelajaran tentang dasar-dasar sistem operasi. Materi yang diberikan seputar tentang jenis-jenis sistem operasi, perkembangan sistem operasi, dan cara meng-install serta menggunakan sistem operasi tersebut. Biasanya kamu akan diberikan cara meng-install dan bagian-bagian dari Windows dan Linux. Kedua jenis sistem operasi ini paling banyak digunakan.

Materi lainnya yang juga akan diajarkan adalah tentang jaringan komputer. Kamu akan belajar mulai dari jenis-jenis jaringan, kabel jaringan, server, dan berbagai materi lain seputar jaringan. Pelajaran tentang cara membuat kabel Cross dan Straight menjadi materi yang pasti akan kamu temukan di jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ).

Ilmu lainnya seperti konversi bilangan dari biner sampai ke hexa akan kamu temukan di jurusan TKJ. Siswa-siswi jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) juga belajar tentang troubleshooting komputer. Kamu akan belajar masalah-masalah yang sering muncul pada perangkat komputer serta cara memperbaikinya.

Pada tingkat yang lebih tinggi, kamu akan diajarkan tentang cara menyeting server di jaringan komputer. Kamu juga akan belajar merakit komputer dari bagian-bagiannya menjadi satu komputer utuh. Materi seputar programming juga akan diberikan sepanjang kamu menempuh pendidikan.

Sebagian besar materi-materi ini memang diberikan dasar-dasarnya saja. Kamu dapat mengembangkan ilmu-ilmu ini sesuai dengan minat yang kamu inginkan.

Ilmu Teori dan Praktik Kerja

Selain menerima ilmu di bangkus sekolah, sebagai siswa SMK jurusan TKJ kamu akan melewati masa praktek kerja. Praktek Kerja Industri (Prakerin) atau yang lebih sering disebut magang merupakan salah satu cara belajar di SMK.

Prakerin membuat ilmu dan teori yang sudah diajarkan di bangku sekolah dapat diterapkan secara langsung. Semua jurusan di SMK akan melewati masa prakerin ini. Hal inilah yang membedakan sistem belajar di SMK dan SMA. Prakerin akan membuat siswa mengenal dunia kerja yang sesungguhnya.

Ya, siswa-siswi yang sudah tamat dari SMK memang diharapkan dapat langsung menjadi tenaga kerja meskipun tidak melanjutkan pendidikan ke tingkat universitas. TKJ juga menjadi salah satu jurusan yang memiliki program magang atau prakerin.

Ada banyak tempat magang yang bisa dipilih anak-anak jurusan Teknik Komputer Jaringan SMK. Kamu dapat memilih tempat service komputer, lembaga IT di universitas, perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang IT, dan berbagai instansi lainnya.

Selama prakerin kamu akan diajarkan cara-cara berhadapan dengan sesama pekerja, konsumen perusahaan, dan cara penerapan ilmu yang kamu miliki di dunia kerja.

Kualitas hasil prakerin ini sangat bergantung pada tempat yang kamu pilih untuk melakukan prakerin. Kamu bisa mencari informasi terlebih dahulu sebelum memutuskan prakerin di suatu tempat. Kamu juga dapat menanyakan kepada pihak sekolah untuk membantu menemukan tempat prakerin yang bisa menambah ilmu yang sudah kamu miliki.

Beberapa tempat prakerin bahkan langsung menerima siswa sebagai pekerja di akhir masa prakerin. Sehingga setelah kamu menjalani prakerin kamu dapat langsung bekerja di tempat tersebut. Hal ini juga bergantung pada kinerja yang kamu berikan selama prakerin.

Peluang Kerja yang Luas

Saat ini ada banyak perusahaan dan instansi pemerintah yang membutuhkan orang-orang yang ahli di bidang komputer. Hal inilah yang membuat peluang kerja lulusan jurusan TKJ sangat tinggi.

Selain bisa mencari kerja, kamu juga bisa menciptakan lapangan kerja sendiri setelah tamat dari jurusan Teknik Komputer Jaringan. Kamu bisa menyediakan jasa instalasi, perbaikan komputer, dan berbagai jasa lainnya di bidang komputer.

Kamu tidak perlu takut bersaing dengan tamatan-tamatan dari universitas. Pekerjaan di bidang komputer lebih mengutamakan kemampuan atau skill di bidang komputer dibandingkan gelar akademik.

Jika kamu memiliki skill yang sama baiknya dengan lulusan universitas, maka kamu punya peluang besar untuk mendapatkan pekerjaan setelah lulus SMK.

Kekurangan Jurusan TKJ

Kekurangan jurusan TKJ
Kekurangan jurusan TKJ

Selain memiliki beberapa kelebihan, tentu ada juga kekurangan yang harus kamu pertimbangkan dari jurusan TKJ. Umumnya, jurusan TKJ di SMK-SMK di Indonesia memiliki beberapa kekurangan tersebut:

Biaya Sekolah yang Tinggi

Sudah menjadi rahasia umum kalau jurusan TKJ membutuhkan biaya yang cukup mahal dibandingkan jurusan lain di SMK. Hal ini sebenarnya wajar mengingat materi yang diajarkan di jurusan TKJ.

Untuk menjadi siswa di jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) kamu membutuhkan perangkat komputer yang akan menunjang proses belajar mengajar. Sebenarnya hal ini tidak wajib. Namun, pernahkan kamu bayangkan bagaimana caranya mempelajari komputer tanpa memiliki perangkat komputer itu sendiri?

Kamu juga akan membeli peralatan untuk proses belajar mengajar. Kamu juga pasti sudah menyadari bahwa peralatan yang berhubungan dengan komputer dan teknologi informasi tidak ada yang murah.

Beberapa contoh peralatan yang akan kamu beli ketika masuk ke jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) adalah crimping, kabel UTP, RJ 45, dan cable tester.

Kamu harus bersiap mengeluarkan uang lebih untuk menempuh pendidikan di jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ). Jangan sampai proses belajarmu menjadi terganggu di tengah jalan karena masalah biaya.

Teknologi yang Kurang Update

Saat ini teknologi sudah berkembang dengan sangat pesat. Bahkan hampir setiap hari ada pembaharuan di dalam dunia teknologi. Namun, seperti yang kita ketahui bersama juga bahwa sistem pendidikan di Indonesia cukup sulit menyesuaikan dengan kemajuan teknologi ini. Hal ini juga berlaku ketika kamu memilih masuk ke jurusan TKJ.

Jurusan yang berhubungan dengan dunia komputer ini harusnya mengajarkan teknologi komputer sesuai dengan perkembangannya. Akan tetapi, kurikulum jurusan Teknik Komputer Jaringan (TK)  yang digunakan di Indonesia sebagian besar masih sama seperti yang dulu.

Ilmu yang diajarkan sebagian besar masih ilmu-ilmu lama. Jika kamu tidak meng-update sendiri ilmu di bidang teknologi komputer, maka kamu akan cukup tertinggal.

Beberapa contoh ilmu yang kurang update adalah ilmu tentang jaringan komputer. Kamu tahu bahwa saat ini jaringan komputer di dunia sudah menggunakan fiber optik atau wireless (tanpa kabel).

Ketika kamu belajar di SMK, kamu masih akan diajarkan cara membuat jaringan komputer dengan menggunakan kabel UTP dan RJ 45. Padahal jaringan komputer seperti ini sudah mulai ditinggalkan oleh beberapa perusahaan yang menginginkan kinerja yang lebih cepat dan baik di perusahaan mereka.

Baca juga:

Kesimpulan

Jurusan Teknik Komputer Jaringan

Setelah mempelajari kekurangan dan kelebihan jurusan TKJ yang ada di SMK, kamu bisa mempertimbangkan untuk memilih jurusan ini atau tidak. Jika kamu tertarik untuk mempelajari dunia komputer dan berkarir di bidang ini, kamu dapat mengambil jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ).

Kemudian, kamu dapat melanjutkan kuliah di bidang ilmu komputer. Dengan begitu, saat kamu kuliah kamu sudah memiliki ilmu dasar tentang dunia komputer.

Jika kamu tidak mau melanjutkan kuliah setelah tamat SMK, kamu juga dapat memilih jurusan Teknik Komputer Jaringan. Akan tetapi, pastikan kamu meng-upgrade ilmu yang sudah dimiliki di bangku sekolah dengan perkembangan ilmu pengetahuan seperti saat ini. Hal ini akan membuatmu lebih sukses di dunia pekerjaan atau usaha yang akan kamu dirikan.

Pastinya, ketika kamu memilih jurusan Teknik Komputer Jaringan kamu harus benar-benar mengambil pilihan karena kamu menginginkannya. Jangan hanya karena ada banyak yang masuk jurusan TKJ, kamu memutuskan untuk masuk ke jurusan ini. Jika kamu tidak atau kurang menyukai dunia komputer, maka jurusan Teknik Komputer Jaringan bukan jurusan yang cocok untukmu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here