Mempelajari cara screenshot di laptop bukanlah sesuatu yang sulit. Namun, untuk kamu yang belum mengetahui caranya tentu cukup membingungkan.

Melakukan screenshot di layar laptop dilakukan untuk beberapa tujuan. Kamu bisa melakukan screenshot untuk mendapatkan gambar dari tampilan di laptopmu. Tampilan layar ini bisa kamu gunakan untuk beberapa keperluan, misalnya membuat tutorial editing foto di photoshop.

Bagaimana cara melakukan screenshot di laptop? Berikut ini beberapa hal mengenai cara screenshot di laptop yang harus kamu ketahui.

Cara Screenshot di Laptop Windows 10

Cara screenshot di laptop Windows 10
Cara screenshot di laptop Windows 10

Mempelajari cara screenshot di laptop windows 10 cukup mudah. Kamu dapat menggunakan kombinasi antara tombol Windows dan tombol print screen yang ada di keyboard untuk melakukan screenshot layar. Dengan cara ini gambar yang kamu screenshot akan langsung tersimpan di komputermu dan dapat kamu gunakan kemudian.

Untuk melakukan screenshot di windows 10 dengan cara tersebut kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Langkah pertama cara screenshot di laptop windows 10 adalah dengan membuka layar yang ingin kamu screenshot.
  2. Setelah itu tekanlah tombol window dan tombol print screen secara bersamaan.
  3. Kamu akan melihat layar laptopmu berkedip sekali. Jika hal ini terjadi, maka kamu sudah berhasil melakukan screenshot.
  4. Selanjutnya, kamu dapat membuka folder C:\Users\nama_user\Pictures\screenshot. Kamu akan mendapati gambar hasil screenshot yang sudah kamu lakukan. Gambar akan tersimpan di folder ini secara permanen jika kamu tidak menghapusnya.

Kamu dapat menggunakan gambar ini sesuai dengan kebutuhanmu. Kamu dapat meng-import-nya ke Microsoft Word atau di-edit terlebih dahulu di photoshop dan paint.

Cara Screenshot di Laptop Windows 8

Cara screenshot di laptop Windows 8
Cara screenshot di laptop Windows 8

Cara screenshot di laptop windows 8 juga cukup mudah untuk dilakukan. Kamu juga dapat melakukan screenshot dengan menggunakan tombol keyboard di windows 8. Tombol keyboard yang dapat kamu gunakan adalah tombol ALT dan tombol print screen.

Pastikan sebelum kamu melakukan screenshot kamu sudah membuka aplikasi pengolahan kata atau pengolahan gambar. Gambar hasil tangkapan layar (screenshot) harus kamu paste-kan segera setelah screenshot dilakukan.

Berikut ini cara screenshot di laptop windows 8 yang dapat kamu ikuti dengan mudah:

  1. Buka atau tampilkan layar laptop yang ingin kamu screenshot.
  2. Tekan pada keyboard tombol ALT dan tombol print screen secara bersamaan. Tekan sekali saja dan hasil screenshot sudah akan didapat.
  3. Untuk melihat hasil screenshot yang kamu lakukan, silahkan buka aplikasi pengolah kata seperti Microsoft Word atau pengolah gambar, seperti paint dan photoshop. Tekanlah tombol Ctrl+V pada aplikasi tersebut. Kamu juga bisa memilih menu Paste di aplikasi yang kamu pilih.

Dengan begitu, kamu akan mendapatkan gambar hasil screenshot yang sudah dilakukan. Jika tidak banyak proses editing yang ingin kamu lakukan, maka sebaiknya kamu langsung paste gambar ke Microsoft Word atau Excel sesuai kebutuhan. Namun, jika kamu masih ingin melakukan editing dengan gambar yang di screenshot, kamu harus paste-kan gambar di Paint atau Photoshop.

Cara Screenshot di Windows 7

Cara screenshoot di Windows 7
Cara screenshoot di Windows 7

Cara screenshot di laptop windows 7 juga tidak berbeda dengan cara screenshot di windows 10 dan 8. Namun, ada cara screenshot di laptop windows 7 yang dapat kamu gunakan sebagai bentuk lain dari cara yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Kamu dapat melakukan screenshot di windows 7 hanya dengan menggunakan tombol Print Screen saja. Cara ini sama dengan cara yang digunakan ketika kamu menggunakan kombinasi tombol Print Screen dan ALT. Kamu perlu paste hasil screenshot ke aplikasi pengolah kata atau pengolah gambar agar hasil screenshot-mu terlihat.

Berikut ini langkah-langkah untuk melakukan screenshot dengan menggunakan tombol print screen di windows 7:

  1. Hal pertama yang harus kamu lakukan tentu membuka tampilan layar yang ingin kamu screenshot.
  2. Selanjutnya, langsung tekan tombol print screen yang ada di keyboard-mu. Kamu memang tidak akan melihat kejadian apapun pada layar laptopmu. Tidak akan ada kedipan atau perubahan apapun.
  3. Setelah itu, bukalah aplikasi Paint, Photoshop, atau Microsoft Word. Klik CTRL+V atau menu Paste pada aplikasi tersebut. Kamu baru akan melihat hasil screenshot yang sudah kamu lakukan.
  4. Kamu dapat melakukan editing dengan gambar hasil screenshot tersebut sesuai dengan kebutuhanmu.

Aplikasi Screenshot Laptop

Selain menggunakan aplikasi, cara meng screenshot di laptop juga dapat menggunakan aplikasi. Ada berbagai jenis aplikasi screenshot laptop yang dapat kamu pilih. Kamu bisa pilih aplikasi ini mulai dari yang sudah ada di windows secara default, download aplikasi gratis, atau menggunakan aplikasi yang berbayar.

Berikut ini 5 aplikasi screenshot di laptop yang direkomendasikan untuk kamu gunakan:

Snipping Tools

Snipping Tools menjadi cara screenshot laptop yang paling direkomendasikan. Terutama untuk kamu yang menggunakan laptop dengan sistem operasi Windows. Umumnya, Snipping Tools sudah tersedia di semua versi Windows.

Dengan kata lain, kamu tidak perlu lagi men-download aplikasi ini karena sudah terpasang di laptopmu. Cara melakukan screenshot dengan menggunakan Snipping Tools juga sangat mudah.

Kamu cukup membuka aplikasi ini, lalu klik New. Setelah itu kamu dapat memilih bagian dari layar yang ingin kamu screenshot. Setelah kamu pilih, kamu tinggal melakukan editing atau menyimpan gambar tersebut dengan klik tombol Save.

Aplikasi Snipping Tools ini cukup sederhana dan masih memiliki banyak kekurangan dibandingkan aplikasi screenshot pihak ketiga. Salah satu kekurangannya adalah kamu perlu membuka aplikasi untuk melakukan screenshot. Tidak ada tombol yang bisa memunculkan aplikasi Snipping Tools secara langsung.

Kalau kamu mau memunculkan aplikasi ini dengan kombinasi tombol, kamu harus melakukan pengaturan terlebih dahulu.

Baca juga:

Lightshot

Dari semua aplikasi screenshot yang dikeluarkan oleh pihak ketiga, Lightshot merupakan yang paling ringan dan paling sederhana. Lightshot memberikan cara screenshot di pc yang mudah untuk semua pengguna. Aplikasi ini tersedia untuk pengguna PC windows dan macintosh.

Cara kerja dari aplikasi ini hampir sama dengan Snipping Tools. Namun, untuk melakukan screenshot menggunakan Lightshot, kamu cukup menekan tombol Print Screen (prnt scrn) di keyboard.

Setelah itu, kamu dapat memilih area mana yang akan kamu screenshot dari layar laptopmu. Setelah area dipilih, kamu juga dapat melakukan editing sederhana dengan hasil ini.

Kamu dapat menambahkan teks, garis, tanda panah, atau memperbesar dan mengecilkan ukuran tangkapan layar. Kemudian, kamu dapat menyimpan, meng-copy, atau meng-upload hasil tangkapan layar yang sudah kamu lakukan

Jing

Jing menjadi pilihan yang bagus untuk aplikasi screenshot. Jing menawarkan cara screenshot yang sederhana dan simpel. Aplikasi ini menawarkan mode tangkapan layar region, yaitu kamu dapat memilih area mana dari layar laptopmu yang ingin di-screenshot.

Jing juga bisa digunakan untuk melakukan screenshot pada video dan foto. Ketika kamu menginstal aplikasi Jing, kamu akan menemukan bubble berwarna kuning di bagian bawah kanan komputermu. Bubble ini bisa kamu gunakan untuk melakukan screenshot dengan cepat.

Selain itu, kamu dapat menggunakan bubble ini untuk mengakses History dan Setting dengan cepat.

Setelah kamu melakukan screenshot layar dengan menggunakan Jing, kamu juga bisa melakukan editor sederhana pada gambar tersebut. Kamu bisa menambahkan teks, garis, atau tanda panah ke gambar hasil screenshot yang kamu miliki.

TinyTake

TinyTake akan memberikan kamu cara screenshot di laptop acer yang bagus dan berkualitas. Namun, aplikasi ini sedikit ‘ribet’ untuk digunakan. Setelah kamu menginstal aplikasi ini, kamu harus membuat akun untuk login.

Akun ini akan kamu gunakan untuk bisa menggunakan aplikasi ini. Selain itu, akun ini digunakan untuk mengakses server TinyTake. Jadi, kamu bisa mengunggah hasil screenshot ke server mereka.

Kamu juga bisa melakukan screenshot layar video dengan menggunakan TinyTake. Aplikasi ini juga menawarkan fitur yang menarik dan berbeda dengan aplikasi lainnya. Kamu bisa melakukan capture wajahmu dengan fitur webcam yang disediakan.

Fitur yang disediakan di TinyTake juga hampir sama dengan aplikasi screenshot lainnya. Kamu dapat menambahkan panah, garis, lingkaran, dan teks ke dalam gambar. Namun, fitur teks akan memberikan latar putih yang tidak bisa dihilangkan.

Greenshot

Tampilan dan cara kerja aplikasi Greenshot hampir serupa dengan aplikasi Lightshot. Cara screenshot laptop dengan menggunakan Greenshot hanya dengan menekan tombol Print Screen yang ada di keyboard.

Setelah itu, kamu dapat memilih area yang ingin di-screenshot. Mode screenshot yang ditawarkan oleh Greenshot hanya empat, yaitu Full Screen, Windows, Region, dan Last Region. Ketika kamu sudah selesai melakukan screenshot, kamu dapat memilih langkah selanjutnya.

Gambar hasil screenshot bisa kamu simpan langsung di komputer, disalin untuk dipindahkan ke aplikasi lainnya, atau di-edit dengan editor Greenshot.

Namun, sama seperti aplikasi Lightshot, editor Greenshot tidaklah lengkap. Fiturnya hanya bisa untuk menambahkan beberapa media dan memberikan sedikit efek pada gambar.

Kesimpulan

Dari berbagai penjelasan tersebut, kamu dapat memilih cara screenshot di laptop yang paling mudah untukmu. Semua pilihan tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Jika kamu ingin cepat dan tidak mau men-download aplikasi, kamu dapat menggunakan kombinasi tombol atau aplikasi Snipping Tools. Kedua cara ini sudah pasti ada di setiap jenis laptop.

Namun, jika kamu ingin sedikit menghabiskan waktu, kamu dapat men-download aplikasi screenshot. Memang akan sedikit menyita waktu di awal, namun selanjutnya aplikasi ini sebenarnya lebih memudahkan proses screenshot yang kamu lakukan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here