Cara menggunakan NetCut menjadi sesuatu yang penting untuk anda ketahui ketika berinteraksi dengan komputer dan internet.

Ketika berhubungan dengan jaringan internet, akan banyak hal yang akan anda temui. Anda mungkin akan menemui koneksi internet yang tiba-tiba menjadi lambat.

Hal ini bisa disebabkan karena ada banyak pengguna yang juga menggunakan koneksi WiFi yang sama. Anda juga akan menemukan koneksi internet yang tiba-tiba terputus tanpa alasan.

Jika anda mengalami hal tersebut, pernahkan anda bertanya lebih jauh, mengapa hal ini dapat terjadi? Mengapa koneksi internet ke WiFi atau jaringan komputer bisa tiba-tiba terputus? Siapakah yang memutusnya?

Untuk mengetahui jawabannya anda harus mempelajari tentang NetCut. Apa itu NetCut? Berikut ini penjelasannya untuk anda.

Pengertian NetCut

NetCut merupakan aplikasi yang dibuat khusus untuk memutus koneksi internet pada jaringan komputer. Umumnya, aplikasi ini dapat dijalankan pada komputer yang menggunakan sistem operasi Windows.

Akan tetapi, kini aplikasi ini juga tersedia untuk smartphone dengan sistem operasi Android. Anda dapat memutus gawai yang terkoneksi ke jaringan WiFi, LAN, MAN, Hostspot, atau jaringan internet lainnya dengan menggunakan NetCut.

Aplikasi ini sering digunakan oleh seseorang yang ingin ‘menjahili’ orang lain.

Selain itu, bagi Anda yang ingin mendapatkan koneksi internet yang cepat, menggunakan NetCut untuk memutus koneksi internet pengguna lain juga dapat dilakukan.

Untuk menggunakan NetCut anda tidak perlu menjadi operator di dalam jaringan tersebut. Dalam artian anda tidak harus mengetahui username dan password administrator jaringan, namun anda sudah bisa memutus jaringan internet orang lain.

Akan tetapi, NetCut juga bisa digunakan untuk kegiatan yang positif. Misalnya, orang tua ingin anaknya tidak bermain game online di rumah dan lebih mengutamakan belajar. Orang tua dapat memutus koneksi internet di gawai sanga anak dengan menggunakan NetCut.

NetCut dapat berkerja pada ARP (Adress Resolution Protocol) spoofing yang dapat mengubah kinerja komputernya di dalam jaringan. Komputer yang telah dipasang aplikasi NetCut akan bertindang sebagai gerbang atau gateaway di dalam jaringan tersebut.

Hal inilah yang membuat komputer NetCut bisa menentukan komputer atau gawai yang bisa terkoneksi di dalam suatu jaringan internet dan memutus koneksi komputer atau gawai yang dia inginkan.

Cara Menggunakan NetCut Di PC

Cara menggunakan netcut di PC
Cara menggunakan netcut di PC

Jika anda ingin menggunakan NetCut di PC atau laptop, pastikan PC atau laptop anda memiliki sistem operasi Windows. Langkah-langkah untuk menggunakan NetCut di PC atau laptop adalah:

  1. Untuk langkah pertama, anda harus mengunduh atau men-download aplikasi NetCut terbaru. Anda juga bisa mendapatkan aplikasi ini dari teman atau rekan yang memiliki file installer-nya. Sebaiknya anda menggunakan aplikasi NetCut versi terbaru karena fiturnya sudah lebih baik daripada versi yang lama.
  2. Setelah anda memiliki file installer aplikasi NetCut, lakukan peng-install-an hingga selesai. Cara menginstall aplikasi NetCut sama dengan aplikasi lainnya di sistem operasi Windows.
  3. Selanjutnya, anda dapat menjalankan aplikasi NetCut yang sudah anda install tadi.
  4. Pada jendela aplikasi yang muncul, anda bisa mengklik pada tombol “Scan”. Setelah itu, akan muncul IP, Hostname, MAC Address, dan data lainnya tentang komputer yang terkoneksi ke jaringan.
  5. Untuk memutus jaringan internet, anda bisa memilih salah satu IP gawai yang terhubung ke jaringan internet, kemudian klik tombol “Cut Off (Ready)”. Dengan begitu, komputer yang anda pilih akan terputus dari jaringan internet.

Itulah cara mudah menggunakan aplikasi NetCut di PC atau laptop. Anda mungkin akan menemukan cara yang sedikit berbeda jika anda menggunakan aplikasi NetCut yang berbeda.

Ada cukup banyak aplikasi NetCut yang bisa anda temukan ketika mencari di internet. Namun, pastikan saat anda melakukan “Cut Off”, anda tidak memutus jaringan internet di komputer anda sendiri.

Sebelum anda memutus jaringan internet dengan menggunakan aplikasi NetCut, lebih baik cari tahu IP Address jaringan di komputer anda.

Jika anda mengetahui IP Address komputer yang anda gunakan, maka anda tidak akan melakukan kesalahan dengan memutus koneksi di komputer sendiri.

Cara Menggunakan NetCut Di Android

Cara Menggunakan netcut di android
Cara Menggunakan netcut di android

Selain di PC atau laptop, kini aplikasi NetCut juga bisa anda gunakan di ponsel berbasis android. Namun, ada hal yang berbeda ketika anda ingin menggunakan aplikasi NetCut di ponsel android.

Sebelum meng-install aplikasi NetCut di ponsel android, pastikan ponsel anda sudah di-root terlebih dahulu.

Bagaimana cara melakukan rooting ponsel android? Anda bisa menemukan tutorialnya di internet karena masing-masing ponsel android memiliki cara rooting yang berbeda-beda.

Bagaimana cara mengetahui ponsel sudah pernah di root atau belum? Anda bisa men-download aplikasi Root Checker yang ada di PlayStore dan melakukan pengecekan.

Setelah ponsel android anda di-rooting, maka anda bisa menggunakan aplikasi NetCut di ponsel android dengan cara seperti berikut ini:

  1. Download aplikasi NetCut di Playstore atau dapatkan apk aplikasi di beberapa website yang menyediakan apk aplikasi NetCut.
  2. Setelah itu, anda bisa meng-install aplikasi tersebut. Tunggu hingga proses instalasi selesai dilakukan.
  3. Selanjutnya, buka aplikasi NetCut yang sudah anda install tadi. Pilih tombol “SCAN” untuk memindai daftar gawai yang terkoneksi ke jaringan internet yang sama dengan anda.
  4. Setelah muncul daftar IP dan informasi lainnya, anda bisa memilih IP gawai yang ingin anda putus dari jaringan internet.
  5. Anda bisa memutus koneksi gawai tersebut dengan memilih menu “Cut Offline”. Gawai tersebut tidak lagi akan terkoneksi dengan jaringan WiFi yang sama dengan anda.

Sebelum anda memutuskan untuk menggunakan aplikasi NetCut di ponsel android, pastikan anda sudah siap menerima risikonya.

Anda harus melakukan rooting pada ponsel anda dan ini akan mengakibatkan beberapa hal. Salah satunya adalah garansi ponsel anda tidak bisa digunakan lagi.

Pengertian Anti Netcut

anti netcut
anti netcut

Setelah mengetahui tentang NetCut, anda juga wajib tahu tentang Anti NetCut. Ya, anda mungkin kesal dengan orang-orang yang suka memutus jaringan internet anda secara tiba-tiba.

Jika mereka melakukan hal ini dengan menggunakan aplikasi NetCut, maka anda bisa menanggulanginya dengan menggunakan aplikasi Anti NetCut.

Anti Netcut merupakan aplikasi yang dibuat untuk melawan NetCut. Dengan adanya aplikasi ini, anda bisa menghindari tindakan pemutusan jaringan yang bisa dilakukan oleh komputer yang menggunakan aplikasi NetCut.

Dengan begitu, anda bisa tetap terkoneksi dengan jaringan tanpa takut koneksi diputus secara tiba-tiba.

Cara Menggunakan Anti NetCut Di PC

Bagi anda yang ingin menggunakan aplikasi Anti NetCut di PC atau laptop, anda bisa menggunakannya dengan langkah-langkah berikut ini:

  1. Langkah pertama cara menggunakan Anti NetCut di PC adalah mendownload aplikasi Anti NetCut yang anda inginkan. Untuk beberapa aplikasi Anti Netcut, anda juga harus men-download dan menggunakannya bersama dengan aplikasi winPCP.
  2. Setelah aplikasi selesai di install, jalankan aplikasi ini
  3. Lalu, akan muncul jendela aplikasi Anti NetCut. Anda bisa memilih network adapter dari pilihan yang disediakan. Cara memilihnya adalah pilih nama network adapter yang bagian IP Address-nya terisi (lihat gambar di bawah).
  4. Setelah itu klik tombol OK dan aplikasi anti NetCut akan mulai melindungi komputer atau PC anda dari serangan aplikasi NetCut.
cara menggunakan anti netcut di PC
cara menggunakan anti netcut di PC

Cara Menggunakan Anti NetCut Di Android

Cara menggunakan anti netcut di android
Cara menggunakan anti netcut di android

Bagi anda pengguna ponsel android, mungkin anda termasuk salah satu yang sering menjadi ‘korban’ aplikasi NetCut. Untuk menghindari serangan NetCut pada ponsel android anda bisa tidak menggunakan aplikasi tambahan. Anda hanya perlu melakukan sedikit pengaturan pada jaringan WiFi di ponsel anda.

Ikuti cara-cara berikut ini untuk menghindari serangan NetCut pada ponsel android anda:

  1. Masuk ke menu ‘Setelan’ atau ‘Setting’ pada ponsel anda.
  2. Pilih menu ‘WiFi’. Pada beberapa ponsel, menu WiFi ada di dalam menu ‘Connection’
  3. Lalu, hubungkan ponsel anda dengan WiFi yang tersedia.
  4. Setelah terhubung, tekan pada nama WiFi tersebut beberapa saat hingga muncul menu ‘Ubah Jaringan’
  5. Kemudian, silahkan ceklis pada ‘Tampilkan opsi lanjutan’ dan gulir lah layar ponsel ke bawah.
  6. Ketika menemukan bagian ‘Setelah IP’ ubahlah menjadi ‘Statik’

Hal ini akan membuat IP Address pada ponsel android anda berubah. Ketika IP Address anda berubah, maka anda akan terhindar dari aplikasi NetCut dari perangkat lainnya.

Mode statik pada ponsel anda akan membuat IP Address anda selalu berubah-ubah. Hal ini cukup untuk menyulitkan pengguna aplikasi NetCut untuk memutus koneksi internet ke ponsel anda.

Jika anda ingin menggunakan cara lainnya, anda dapat menggunakan aplikasi Anti NetCut khusus untuk ponsel android. Namun, sama seperti penggunaan aplikasi NetCut, anda haruslah melakukan rooting terlebih dahulu sebelum dapat meng-install aplikasi ini.

Baca juga:

NetCut VS Anti NetCut

Sebenarnya seberapa bagus aplikasi NetCut yang anda gunakan, tetap akan ada aplikasi anti NetCut yang bisa menghalangi tindakan pemutusan jaringan.

Begitupun sebaliknya, dengan semakin bagusnya aplikasi anti NetCut, maka orang-orang akan semakin berusaha membuat aplikasi Netcut yang lebih baik.

Perkembangan dua aplikasi ini sama dengan perkembangan virus pada komputer. Si pembuat virus akan membuat virus yang semakin canggih. Begitupun dengan si pembasmi virus akan membuat anti virus yang semakin bagus pula.

Perlu anda ketahui bahwa dengan menggunakan aplikasi NetCut anda sudah mencuri hak orang lain untuk terhubung ke koneksi internet.

Terutama jika anda menggunakan WiFi atau jaringan internet yang bebas. Anda sudah melakukan perbuatan tidak terhormat sebagai sesama pengguna jaringan.

Jika anda tidak ingin menjadi korban dari aplikasi NetCut, maka sebaiknya anda memasang aplikasi NetCut pada gawai anda.

Anda juga dapat mempelajari berbagai hal berkenaan dengan jaringan internet agar dapat terhindar dari ‘keusilan’ pengguna aplikasi NetCut.

Pastinya, gunakanlah kedua aplikasi ini dengan sebijak mungkin. Jadilah pengguna internet yang dapat saling menghargai dan menghormati.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here